JOGJA Di Bahumu Aku Tertawa oleh Rini Veronica

10:54:00 PM

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa dia dicintai. Barangkali memang tidak tahu atau tidak mau tahu bahwa dia dicintai. Disaat hidup bergelimang harapan tetapi bertabur duka, saat itulah cinta datang sebagai sahabat atau musuh yang menghibur dan membuat tertawa. That’s what friends are for, dan di Jogja aku menemukan semua itu.( cuplikan novel “JOGJA Di Bahumu Aku Tertawa”)

Kecintaan dan ketertarikan pada Jogja, membawa Renata pada kejutan-kejutan hidup yang kadang tak pernah nangkring dalam mimpik sekalipun. Jogja yang setia mendengarkan, melihat dan menjadi saksi atas tawa dan duka Renata sebagai perempuan biasa, dalam melalui hidupnya. Tak mudah hidup sendirian sebagai anak kost, jatuh cinta pada pria yang “salah” dan kehilangan cinta sekaligus.

Kisah persahabatan yang unik lewat dunia maya, percintaan, dan penerimaan diri sangat menonjol dalam novel ini, mengingatkan kita pada hiruk pikuk kehidupan masa kini yang serba palsu, yangdicitrakan begitu sempurna oleh media. Lalu di sudut manakah oran-orang biasa berasa? Yang gendut, yang tidak beruang, yang sama sekali berbeda dari yang media dicitrakan?

Adakah cinta bagi mereka yang biasa-biasa saja? Adilkah hidup bila sebuah cinta yang begitu tulus tak beralas? Mari kita menoleh sejenak pada kisah Renata...

Tanggal 6 June kemarin aku baru aja beli novel pendek, sejenis teenlit lah. Yang berjudul “JOGJA Di Bahumu Aku Tertawa” karangan Rini Veronica. Kisahnya sungguh menarik bagiku. Aku sendiri gak tahu apakah ini kisah nyata penulis atau mungkin temennya, atau hanya fiksi belaka.Yang jelas kisahnya begitu menyentuh. Kisah ini menceritakan seorang gadis yang belajar menjadi dewasa melalui kehidupan sehari-harinya. Menurutku ini sejenis diary yang mempunyai ke-khas-annya sendiri. Kisahnya diawali si Renata, nama gadis yang jadi tokoh utama di novel ini. Yang sedang kuliah di Jogja. Ibunya meninggal ketika kecil, dan Ayahnya menikah lagi dan tinggal di Jakarta. Karena merasa tidak nyaman tinggal dengan Ayah, beserta ibu tiri dan saudara tirinya, Renata tinggal di Jogja bersama Eyangnya, sebelum akhirnya meninggal beberapa hari setelah “Gempa Jogja”. Dia pun akhirnya ngekost. Dia mempunyai 3 orang sahabat bernama Nino, Piko dan Prima. Mereka begitu dekat dan akrab seperti saudara sendiri. Dan si Nino yang sangat baik karena ada rasa tersembunyi kepada Renata, Dan Renata menganggapnya hanya sahabatnya sendiri ataupun saudara kandungnya sendiri. Hingga akhirnya hadir seorang pria tampan yang baru datang dari Jakarta untuk kuliah di Jogja. Melalui kebetulan-kebetulan yang akhirnya mempertemukan Renata dengan pria tampan yang bernama Santiago tersebut yang ternyata seorang gay. Akhirnya lika-liku hidup Renata di mulai dari situ,ketika Renata mencintai Santiago, dan berada di antara kebaikan Nino. Hingga Santiago bertemu dengan Ben yang akhirnya ia menjadi pecandu Narkoba dan berakhir tragis karena Santiago harus kehilangan nyawanya. Begitu berat hidup yang dilalui Renata yang membentuk kehidupannya.

Aku selesai membacanya dalam 2 hari ini. Dan kisahnya memperkaya hidupku dari kehidupan Renata. Banyak pelajaran yang bisa kuambil dari sini.

Judul Buku = JOGJA Di Bahumu Aku Tertawa

Pengarang = Rini Veronica

Penerbit = Idola Qta 2010

Alamat penerbit = Jl. Sudarsan Cakra No 197, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta

You Might Also Like

0 coments